Rabu, 24 Februari 2016

Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

Hasil gambar untuk touchscreen pecah
Memperbaiki HP layar sentuh yang tidak bisa disentuh memang bukan perkara mudah, meski begitu tetap ada solusi untuk memperbaikinya. Layar sentuh atau touchscreen yang rusak biasanya berbagai macam sebabnya, bisa karena terkena tekanan berat seperti terinjak,
tertindih, sehingga menyebabkan fungsi menjadi tidak normal bahkan beberapa ada yang menjadi tidak berfungsi. Lalu solusi apa yang tepat untuk menangani permasalahan semacam ini?
Sebelum anda mengetahui cara memperbaiki layar sentuh yang rusak, perlu anda ketahui bahwa layar sentuh pada sebuah ponsel biasanya terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan pelindung dan lapisan dalam. Sering kali apabila anda melihat pada bagian luar terlihat pecah atau retak anda langsung beranggapan bahwa layar rusak total, padahal belum tentu bagian dalamnyapun ikut rusak dan masih dapat digunakan.
Cara memperbaiki layar sentuh yang rusak
  1. Pada ponsel android apabila layar sentuh tidak pecah hanya lambat merespon, cobalah anda masuk ke pengaturan – display – kemudian anda pilih kalibrasi, kemudian layar secara otomatis akan blank putih, itu tanda ponsel anda sedang melakukan kalibrasi, lalu klik layar yang blank putih tersebut, kemudian ikuti langkah yang terdapat pada setingan tersebut hingga kalibrasi selesai. Biasanya respon pada layar sentuh anda akan kembali normal seperti semula.
  2. Pada ponsel android Jika layar sentuh tidak dapat di gerakkan sama sekali, cobalah anda lakukan factory reset / hard reset dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, kemudian akan muncul perintah geser ke menu factory reset menggunakan tombol volume up atau down dan pilih menggunakan tombol power. Setelah itu anda tinggal menunggu hingga proses reset ulang selesai, dan anda bisa menggunakan layar sentuh anda lagi dengan normal.
  3. Cara terakhir apa bila kedua cara diatas tidak dapat berjalan dengan baik, satu – satunya langkah adalah dengan mengganti komponen touchscreen yang sesuai tipe ponsel anda. Dengan begitu secara otomatis fungsi layar sentuh ponsel anda akan kembali normal.

Itulah beberapa cara memperbaiki HP layar sentuh yang tidak bisa disentuh. Semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba!!

1 komentar: